Utamakan Akhlak

  • Bagikan

Berbicara mengenai akhlaq yang adanya memang istimewa, sangatlah sempurna jika kita selalu mengutamakannya dimanapun kita berada, mengingat zaman sekarang yang sudah tidak lagi seperti  di zaman Rasulullah SAW dan para sahabatnya.

Taruhlah contoh yang sudah lumrah dikalangan kita, ketika Rasulullah berkhutbah di dalam masjid dan kebetulan masih banyak para sahabat yang belum duduk sempurna, beliaupun berkata “duduklah kalian semua” para sahabatpun duduk dalam seketika, tak terkecuali yang ada didalam masjid yang ada ditengah jalan maupun yang ada ditengah pasar, semuanya duduk dengan rata.

Padahal maksud rasulullah hanya ditujukan pada para sahabat yang ada didalam masjid saja. akan tetapi yang terjadi apa? Seluruh sahabat duduk karena keta’dzimannya.

Contoh ini harusnya menjadi ibrah bagi kita semua, bahwa betapa mulianya akhlaq para sahabat baginda.

Beda jauh jika dibandingkan dengan zaman kita, yang adanya sudah tidak lagi sempurna, semisal jika dulu adanya seorang guru dianggap berderajat dan mulia, sekarang malah sebaliknya.

Seperti kabar berita yang kemarin sempat viral di dunia maya, maupun dunia nyata, seorang murid berani menganiaya gurunya hingga harus meregang nyawa.

memang kejam kedengarannya, tapi yang terjadi itu adalah fakta. Dengan ini bisa disimpulkan, bahwa zaman sekarang sudah jauh dari kata sempurna. Karenanya mari saling mengingatkan antar sesama- yang benar itu mana, dan yang salah itu mana. ingatkan dengan cara apapun yang kita bisa, yang penting cara tersebut masih benar menurut pandangan agama.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.