Akhlak  

ETIKA MURID TERHADAP GURU

Akhlak menduduki tingkat paling atas untuk di pelajari, sebab tujuan yang paling utama dalam menuntut ilmu adalah mencetak manusia yang mulia dan berakhlakul karimah karena baginda nabi Muhammad ketika di utus semata-mata untuk menyempurnakan ahklak.

 Rasulullah SAW bersabda:

قال رسول لله صلى الله عليه وسلم انما بعثت لا تمم مكارم الاخلاق

“Sesungguhnya aku di utus Karna untuk menyempurnakan akhlak”

Santri adalah sebuah nama yang di nisbatkan pada seseorang yang mencari ilmu, santri di dalam perjalan mencari ilmu tidak hanya di tuntut untuk bersunguh- sungguh dan mempunyai himmah yang tinggi, akan tetapi harus mengetahui tata cara untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Seperti etika kepada guru. “ketahuilah sesungguhnya seorang pelajar tidak akan memperoleh kesuksesan sebuah ilmu dan kemanfaatan dari ilmu itu  terkecuali dengan memuliakan guru”

 Sedangkan  memuliakan guru termasuk dari memuliakan ilmu, sebagaimana yang tertera dalam kitab ta’limul mutaallim adikarya Syekh burhan al-islam az-Zarnuji:

 ومن تعظيم العلم تعظيم المعلم

 “Termasuk dari memuliakan ilmu adalah memuliakan guru” haruslah seorang santri memandang gurunya dengan pandangan bahwa dia adalah sosok yang harus di hormati dan harus meyakini bahwa guru itu mempunyai derajat yang sempurna kerena pandangan seperti itu paling dekat dengan kemanfaatan ilmu, sebagaimana keterangan yang ada dalam kitab Adabul Alim wal mutaallim karya syekh Muhammad Hasyim Asy’ari. Di dalam kita tersebut beliau menukil statemen abu Yusuf berkata: ’’aku mendengar para ulama salaf berkata; barang  siapa yang tidak menyakini kemulyaan gurunya, maka ia tidak akan bahagia.’’ dari perkataan ulama salaf tadi, bisa kita ambil kesimpulan bahwa seseorang bisa mendapatkan kemanfaatan ilmu dengan cara memuliakan ilmu dan juga orang-orang yang mengajarinya.

Fakhruddin/Tagtim Media

Redaksi

Website tagtim.id yang siap menyajikan kajian-kajian menarik seputar keislaman.

Respon (12)

  1. Hey, cool post You can check if there’s a problem with your website with Internet Explorer. Because of this issue, many readers will overlook your excellent writing because IE is still the most popular browser.

  2. obviously like your website but you need to test the spelling on quite a few of your posts Several of them are rife with spelling problems and I to find it very troublesome to inform the reality on the other hand Ill certainly come back again

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *