Hakikat Tahun Baru

  • Bagikan
selamat tahun baru

Tahun baru 2020 M sudah tiba, sejatinya ia bukanlah anugerah tetapi ia patut disebut ‘bencana’. Datangnya pergantian tahun membuat fisik semua makhluk di muka bumi kian bertambah tua, atau bertambah renta, bukan kebalikannya. Identiknya pejabatpun akan segera pensiun, kecantikan pun kian pudar, kekuatan fisik berkurang, bangunan pun kian rapuh atau akan roboh. Ia pun bukan ‘barang’ baru, tetapi ‘barang’ lama dan tua, dulu ia baru berusia 2019, kini tahun itu telah memasuki usianya yang ke- 2020.  

Alhasil, setiap datangnya tahun baru, berarti semakin berkurangnya usia masing-masing setiap manusia. Seperti ketika sebagian orang ‘salah kaprah’ setiap tanggal kelahirannya sorak-sorai merayakan ulang tahunnya, yang sejatinya ‘merayakan’ semakin berkurangnya usianya, bertambah tua berarti semakin kuranglah usianya, perlahan ajal mendekat. Bahkan dengan pergantian tahun berarti akhir zaman(Kiamat) Kian mendekat.

Meskipun di sisi lain, Alhamdulillah manusia patut bersyukur masih diberi usia panjang sampai dipertemukan dengan tahun baru ini, tentunya bersyukur sebatas dengan tindakan yang positif. Identiknya ‘kita’ orang-orang tua mengajak generasi bangsa untuk membudayakan hal-hal positif dan bermanfaat, tapi kini justeru banyak yang berlomba-lomba ‘mensosialisasikan’ hal-hal yang kurang positif. Padahal orang tua mengajak ke ranah positif saja, belum tentu ‘anak-anak kita’ akan mengikutinya. Entah sejak kapan, dan siapa yang membidani, bangsa Indonesia yang katanya negeri berpenduduk mayoritas Muslim ini ‘terseret arus’, setiap momentum tahun baru, banyak, bahkan mayoritas merayakan ‘bencana’ itu dengan pesta-pora, hura-hura. Tak peduli kadang mendadak hutang materi sana –sini.

Pergantian tahun dianggapnya ‘anugerah’ momentum spesial untuk pesta bersama keluarga dan atau orang-orang dekatnya, serentak meniup terompet. Banyak yang beranggapan bahwa traveling ke suatu tempat tertentu bersama keluarga adalah ‘kewajiban’, demi untuk pesta tahun baru. Sungguh aneh.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.