Opini  

BILA PALESTINA MENANG KIAMAT AKAN DATANG?

Semenjak tragedi konflik antara Israel dengan palestina, banyak kabar yang bermunculan dari komentator di media sosial. Di antaranya, apabila peperangan ini berhasil dimenangkan oleh palestina, maka tentu kiamat akan terjadi kurang lebih dua bulannya seperti itu, kami tidak tau persis dari slogan itu. Namun pertanyaanya apakah komentar tersebut dapat di benarkan?

Sebenarnya ocahan seperti itu sudah sejak dulu pada tahun 2012 silam dan itu sudah di bantah oleh “Rudiyant AS” dalam karya beliau yang berjudul “omong kosong kiamat 21 desember 2012” untuk membantah ramalan orang kafir. Maka kami akan mengutip di antara argumen yang beliau utarakan dalam buku tersebut .

Allah swt berfirman:

يسألونك عن الساعة ايان مرسها قل انماعلمها عند ربي لايجليهالوقتها الا هو ثقلت في السموات والأرض لاتأتيكم الا بغتة يسئلونك كأنك حفي عنها قل انما علمها عند الله ولكن اكثر الناس لايعلمون

“mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat; bilakah terjadinya? Katakanlah,” sesungguhnya pengetahuan kiamat itu adalah pada sisi tuhanku, tidak seorangpun yang dapat menjelaskannya waktu kedatangannya selain dia. Kiamat itu amat berat (hura-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba. Mereka bertanya padamu seakan-akan kamu mengetahuinya, katakanlah,: sesungguhnya pengetahuan hari kiamat itu adalah sisi Allah, tetapi, kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (Q.S. Al Araaf ayat 187)

Ayat di atas, memberi pemahaman kalau sesungguhnya kiamat itu hanya menjadi rahasia sang pencipta saja. Tidak ada seorang-pun yang dapat memberi kepastian tentang datang hari akhir itu, sehingga kita sebagai umat muslim, seharusnya tidak mempercayai tentang bualan hari kiamat. Karena arti kata muslim itu sendiri, yaitu, aslama yuslimu islaman (yang berserah diri kepadanya) maka sikap seorang muslim hendaknya mengambil sikap waspada dengan tidak menyia-nyiakan waktu yang setiap detik kita lalui untuk perbuatan yang sia-sia kecuali untuk mencari ridha Allah swt. Karena bila kiamat memang sudah benar-benar datang, maka sudah tidak ada gunanya lagi amal perbuatan kita.

Kalau masalah kiamat yang ia maksud hanya kiamat sughra, tentu sudah sejak dulu terjadi setelah baginda nabi wafat.

Dalam hadist disebutkan:

“aku menghitung ada enam perkara yang akan terjadi menjelang hari kiamat, yaitu: kematianku (Rasulullah). Kemudian penaklukan baitul maqdis (terjadi pada zaman umar). Kemudian kematian massal akibat wabah penyakit qu’as (penyakit yang mematikan kambing dengan cepat). Kemudian, melimpahnya uang sehingga apabila seorang digaji seratus dinar, maka, ia tetap tidak puas. Kemudian munculnya fitnah yang memasuki setiap rumah orang arab (TV), kemudian adanya genjatan senjata (perdamaian) antara umat islam dengan bani ashfar (orang arab dan amerika),kemudian mereka menghianati kamu, dimana mereka akan menyerangmu di bawah 80 bendera dan di bawah tiap bendera-bendera itu terdapat 12000 orang tentara.” (H.R Bukhari, Ahmad, Thobrani)

Dengan hadist ini, terjadinya hari kiamat bukan semata-mata hanya dikaitkan dengan kemenangan palestina tapi seharusnya juga dikaitkan dengan  alamat-alamat hari kiamat yang lain, kan, masih banyak tentang tanda-tanda kiamat yang lain, seperti, kelak seseorang akan menghalalkan zina, khamer dan maksiat yang lainnya. Mengapa kok hanya baru-baru ini promosinya kawan? Itu hanya mengakibatkan umat islam menjadi resah khususnya kami yang awam ini, lantaran, apabila kemenangan berpihak pada palestina, maka, bagi mereka dianggap tanda terjadinya kiamat kubra bukan kiamat shughra,  bahkan, bisa saja sampai  merusak pada iman mereka, karena mereka mempunyai asumsi, bahwa yang mengetahui terjadinya kiamat , bukan Allah semata, tapi manusia juga bisa tahu.

Memang benar ada hadist yang sudah disepakati oleh dua ulama besar hadist yakni imam bukhari muslim, bahwa,di antara tanda-tanda kiamat ialah terjadinya kegaduhan atau pembunuhan, lagi-lagi itu semata-mata hanya alamat kiamat sughra, bukan kiamat kubra.

Berikut redaksi yang kami telah kumpulkan mengenai tanda-tanda kiamat sughra dan kubro.

Kiamat sughra (kecil)

  1. Sesungguhnya di pintu gerbang hari kiamat akan datang hari-hari di mana turun padanya kejahilan. Di angkat padanya ilmu dan banyaknya kegaduhan  dan kegaduhan di maksud mengakibatkan terjadinya pembunuhan. (muttafaq alaih)
  2. Sungguh akan ada dari umatku beberapa kelompok manusia yang meng halalkan zina, sutra, khomer dan music-musik. (H.R. Bukhari)
  3. Kiamat tidak akan terjadi kecuali ilmu telah di angkat, banyaknya terjadi gempa bumi, tertimbulnya hura-hara, banyaknya kegaduhan yaitu pembunuhan. (H.R. Bukhari, Ahmad, Ibnu Majah)
  4. Berkurangnya amal dan tersebarnya ke bakhilan. (H.R Bukhari, muslim dan Abu Daud )
  5. Sugguh akan datang padamu manusia suatu zaman, di mana pada zaman itu, si pembunuh tidak mengerti mengapa ia membunuh dan yang terbunuh tidak mengrti mengapa ia di bunuh. (H.R. Muslim)
  6. Hampir saja tidak boleh di bawa ke negeri irak sepiring makanan atau sebuah dirham kepada penduduk syam. Kami (para shahabat ) bertanya ; siapa yang melakukan itu ya Rasulallah? Beliau menjawab; orang-orang Rum (Romawi ). (H.R. Muslim, Ahmad)

Kiamat kubro

Nabi bersabda;

“tidak akan datang hari kiamat kecuali dengan ditandai 10 peristiwa”

Apa saja sepuluh peristiwa yang menjadi tanda hari yang menakutkan itu?

Dalam kitab tuhfatul murid adikarya syekh Ibrahim Al-Baijuri menytebutkan sepuluh peristiwa tersebut.

  1. Datangnya Imam Mahdi
  2. Keluarnya dajjal
  3. Turunya Nabi Isa
  4. Keluarnya yakjuJ makjuJ
  5. Keluarnya dabbah
  6. Matahari tebit dari barat
  7. Keluarnya asap dari hidung orang kafir, mata dan kuping serta dari lubang kemaluan-nya
  8. Hancurnya kakbah di tangan orang habasyah setelah Nabi Isa wafat
  9. Hilangnya Al-Quran dari lembarannya dan hati seseorang
  10. Semua orang kembali menjadi kafir

وعلامته الكبرى عشرة اولها ظهورالمهدي ثم خروج الدجال ثم نزول عيسى ابن مريم ثم خروج يأجوج ومأجوج وخروج الدابة التي تكتب بين عيني المؤمن مؤمنا فيضيء وجهه وبين عيني الكافر كافرا فيسود وجهه وطلوع الشمس من مغربها وظهور الدخان يمكث فى الأرض اربعين يوما يخرج من انف الكافر وعينيه وادنيه ودبره حتى يصير كالسكران ويصيب المؤمن منه كهيئة الزكام وخراب الكعبة على ايدى الحبشة بعد موت عيسى ورفع القران من المصاحف والصدور ورجوع اهل الأرض كلهم كفارا. ص.116

“ ada sepuluh tanda-tanda hari kiamat besar ialah datangnya imam Mahdi, kemudian keluarnya dajjal, kemudian turunnya Nabi Isa ibni Maryam dan keluarnya yakjuj makjuj, kemudian keluarnya dabbah, di mana ia menulis iman, bila orang yang ditulis adalah mukmin  dan wajahnya akan berseri-seri dan ia juga menulis simbol kekafiran di tengah-tengah dahi orang kafir sehingga raut wajahnya menjadi buram. Kemudian matahari akan terbit dari barat, kemudian keluarnya asap dari hidung orang kafir, kedua bola mata dan kedua telinga serta keluar dari lubang kemaluannya, dimana asap tersebut diam di bumi selama empat puluh hari sehingga mengakibatkan orang kafir seperti akan muntah dan apabila orang mukmin terkena asap itu, ia kelihatan seperti orang demam (pucet). Kemudian, hancurnya kakbah di tangan orang habasyah setelah Nabi Isa wafat dan Al-Quran hilang dari kertasnya juga dari hati seseorang, kemudian orang di muka bumi, semuanya akan kembali pada kekafiran”

Dari beberapa redaksi di atas, bisa di ambil kesimpulan, bahwa, sudah sejak dulu nabi mengabarkan tanda-tanda hari kiamat, adapun jangka waktunya, tidak ada yang tau dan kapan terjadinya, itu rahasia Allah.

M. Baidhowi

Santri Aktif PP. Nurul Ulum Tagrinih Timur

Respon (8)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *