5 Langkah Membuat Profil Perusahaan

  • Bagikan

Anda memiliki perusahaan, tetapi tidak memiliki profil? Tentu itu merupakan kabar buruk. Karena perusahaan yang semacam itu, tidak memiliki visi dan misi jelas, sehingga kebijakan pengurus cenderung plin-plan dan tidak mandiri. Juga, profil perusahaan bisa mengenalkan perusahaan kepada khalayak dengan sangat efisien.

Karena itulah, kami akan memberikan beberapa cara membuat profil perusahaan. Simak terus tulisan ini hingga akhir, ya! Soalnya, tiap poin akan kami jelaskan dengan diteil tip yang harus terpenuhi, agar hasilnya maksimal.

1. Tentukan Visi dan Misi Perusahaan

Sesuatu yang tidak boleh tidak (berarti harus) dikerjakan ialah menentukan visi dan misi perusahaan. Jangan sampai ada perusahaan yang tidak memiliki visi dan misi. Visi dan misi merupakan penentu dari segala kebijakan yang diambil perusahaan.

Sama dengan Anda, bila bepergian, hal yang utama ialah menentukan tujuannya. Tanpa tujuan yang jelas, Anda hanya akan muter-muter tanpa ada ujung. Itu sangatlah sia-sia, dan potret kebodohan sejati.

Tips

  • Visi harus jelas, dan merupakan tujuan mulia.
  • Misi harus sesuai dengan visi.
  • Tidak melakukan perubahan visi dan misi dalam waktu panjang.

2. Kalimat Singkat yang Menjelaskan Perusahaan

Hal yang paling penting dalam cara membuat profil perusahaan, ialah membikin beberpa kata singkat yang bisa menggambarkan perusahaan seutuhnya. Kalimat penjelasan ini lebih penting dari beberapa kalimat panjang. Karena tidak mungkin, jika kita ditanya, “Itu perusahaan apa?” Kita menjawabnya dengan panjang lebar. Si penanya, bukan membutuhkan kalimat bertele-tele. Penanya hanya menginginkan, jawaban singkat yang bisa menggambarkan keseluruhannya.

Seperti jika Anda ingin membeli buku, anda tentu tidak perlu membaca bukunya keseluruhan terlebih dahulu. Karena kalau sudah Anda baca, ngapain juga Anda terterik membeli. Anda tentu membaca sinopsis singkat dari buku tersebut. Paling tidak Anda membaca resensinya.

Tips

  • Anda bisa menaruh kaliamt singkat tersebut di bagian lead profil.
  • Lebih baik, jika Anda teruh di deskripsi website.

3. Bikin Jargon yang Menggigit

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kampanye membutuhkan jargon khusus. Begitu pula sebuah perusahaan, penting untuk memiliki jargon. Jargon yang bombastis itu memang perlu, tetapi jika sampai terkesan utopis, maka nanti akan berefek negatif kepada perusahaan.

Gunakan jargon yang standar, dan jujur. Ingat, jika Anda menginginkan perusahaan yang besar, jangan pernah berpikir melakukan praktik penipuan. Kebesaran perusahaan dengan penipuan itu paradoks. Tidak bisa disatukan. Penipu, cenderung bersembunyi. Perusahaan yang besar, perlu untuk menjadi tahan banting. Itu bertolak belakang.

Tips

  • Menggunakan kata-kata yang singkat tapi unik.
  • Berisi pesan yang merupakan idaman banyak orang.

4. Jelaskan Kegunaan dan Keunggulannya

Manusiakanlah para pengguna. Karena pelanggan bukanlah hewan yang tidak berakal. Pelanggan mengonsumsi sebuah produk karena sebauh alasan. Alasan itulah yang saya maksud dari kegunaan dari produk tersebut.

Bukan hanya kegunaan, keunggulan juga perlu. Karena kalau kegunaan itu sudah ada di produk lain yang lebih senior, tentu orang akan memilihnya, dan mengabaikan produk kita. Kita butuh untuk menjelaskan apa keunggulan produk kita yang tidak dimiliki produk lainnya.

Tips

  • Jika perusahaan kita tidak memiliki keunggulan, ciptakanlah terlebih dahulu, meski pun dengan cara bakar uang.
  • Membidik konsumen secara tepat sasaran.

5. Gunakan Jasa Pembuat Profil Perusahaan

Biar hasilnya lebih memuaskan, pastikan pembuatnya sudah profesional. Kita tentu perlu menyewa jasa pembuatan company profile sekaligus jasa desain company profile. Sekarang sudah banyak penyedia layanan ini, salah-satunya Berdikari Media. Tinggal kita sesuaikan dengan budget perusahaan yang kita punya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.