Tangguh Dalam Setiap Keadaan

Ingin selalu bersama dalam waktu apapun siang ataupun malam, baik senang ataupun dalam keadaan susah tidak ada keinginan untuk berpisah, dan juga tidak sedikit dari mereka rela untuk tidak selalu bersama, banyak juga dari mereka rela untuk hidup susah asalkan tetap selalu berkumpul. Seperti istilah oranga jawa, “mangan ora mangan seng penting kumpul”. Mungkin ini yang selalu di inginkan oleh seseorang yang masih baru dalam menghadapi jenjang pernikahan .

Akan tetapi tidak ada satu orangpun yang bisa memilih akan sebuah takdir, banyak dari sebuah keluarga dihadapkan akan sebuah persoalan yang harus dijalani dengan cara hubungan terpisah, baik karena dihadapkan akan sebuah pekerjaan ataupun tugas yang mengharuskan untuk meninggalkan sebuah keluarga yang ada di rumah.

Ada sebagian yang harus berpisah dengan jangka waktu yang relatif pendek namun banyak yang mengharuskan berpisah dengan keluarga dengan jangka yang sangat panjang. Berbulan-bulan atau bahkan sampai bertahun-tahun.
Lebih tegar dan lebih sabar dari keadaan biasanya bagi para istri adalah hal wajib di waktu seperti ini, karena memang wanita adalah makmum dalam keluarga, dia terpisah dengan sang imam yang selalu bersedia untuk membimbinngnya.

Sebagai seorang istri memang sangat diharuskan untuk pandai menjaga diri, menjaga keluarga, menjaga kehormatan sang suami, dan juga harus menjaga semua harta dan segala hal yang ditinggalkan oleh sang suami. Apabila tidak demikian, maka akan banyak hal yang rentan terjadi, akan banyak godaan yang bisa mengganggu dan merusak sebuah keimanan dan kehormatan sang istri.
Apabila sebuah hubungan memang diharuskan dengan jarak jauh dan memang menjadi jalan satu-satunya dalam pilihan suami dan sang istri, maka dalam hal ini islam memang telah memberikan sebuah tuntunan kepada seorang suami lebih-lebih kepada sang istri selama ditinggal oleh sang suami. Didalam Al-Qur’an Allah telah berfirman;
فَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰهُ
Artinya; “maka wanita yang shalihah ialah yang taat kepada allah lagi memlihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena allah telah memelihara (mereka).” QS, An-Nisa’ [4]: 34

Allah telah menjelaskan dalam ayat ini tentang sifat-sifat para wanita shalihah. Wanita sholehah adalah mereka yang tidak ingin kehormatan dirinya rusak, selalu menjaganya baik disaat bersama sang suami ataupu n saat tidak bersamanya. Menjaga kehormatan dirinya dari sebuah keburukan adalah hal yang wajib bagi sang istri, dan hal wajib juga adalah menjaga dirinya untuk jauh dari zina.

Abd Ghoni

Santri Aktif PP. Nurul Ulum Tagrinih timur

Respon (7)

  1. After going over a handful of the blog posts on your site, I really like your technique of
    writing a blog. I bookmarked it to my bookmark site list and will be checking back soon. Take a look at my website as well and tell me what you think.

    My web-site – vpn special code

  2. My spouse and I absolutely love your blog and find nearly all of your post’s
    to be just what I’m looking for. Do you offer guest writers to
    write content for yourself? I wouldn’t mind
    creating a post or elaborating on some of the subjects you write related to here.
    Again, awesome site!

    Also visit my web-site; vpn special coupon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *